-->

Aplikasi Laporan Keuangan: Fungsi, Kelebihan, dan Cara Memilihnya

Aplikasi Laporan Keuangan


Aplikasi Laporan Keuangan


Seluruh tubuh usaha wajib memiliki laporan keuangan, terlepas dari tipe maupun dimensi industri itu. Tetapi tidak bisa dimungkiri, penataan laporan keuangan memanglah bukan tugas yang mudah. Dibutuhkan seseorang akuntan yang mumpuni dalam menanggulangi pelaporan keuangan. Walaupun begitu, kemajuan teknologi sudah berikan uluran tangan berbentuk aplikasi laporan keuangan. Usaha mikro, kecil, serta menengah( UMKM) yang baru tumbuh serta belum mempunyai sumber energi yang diperlukan buat menyusun laporan keuangan bisa menggunakan aplikasi ini.


aplikasi akuntansi android, aplikasi buat akuntansi, aplikasi pencatatan akuntansi, aplikasi akuntansi terbaik, aplikasi akuntansi terbaik, aplikasi akuntansi online terbaik, aplikasi akuntansi terbaik di dunia


Penafsiran Laporan Keuangan


Bersumber pada Statment Standar Akuntansi Keuangan dari Jalinan Akuntan Indonesia, laporan keuangan merupakan penyajian terstruktur dari posisi keuangan serta kinerja sesuatu entitas. Laporan ini paling utama diperlukan oleh manajemen, karyawan, owner modal, calon investor, penyedia program kredit usaha, serta publik pada biasanya spesialnya bila industri telah masuk bursa dampak. Dengan aplikasi laporan keuangan yang ada di pasar, kebutuhan itu hendak lebih gampang dipadati.


Laporan keuangan merupakan faktor utama pelaporan keuangan( financial reporting). Dalam Accounting Tools dipaparkan kalau pelaporan keuangan merupakan hasil finansial suatu industri yang dilepas kepada pemegang saham serta publik. Laporan ini terdiri atas neraca, laporan pergantian ekuitas, laporan laba rugi, laporan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan. Laporan ini disusun pada periode tertentu cocok dengan kebijakan entitas usaha terpaut, baik bulanan, triwulanan, kuartalan, semesteran, ataupun tahunan.


Buat industri publik, terdapat kewajiban menghasilkan laporan tahunan yang muat laporan keuangan tahunan yang telah diaudit. Apabila industri tidak penuhi kewajiban itu, terdapat denda sampai ratusan juta rupiah selaku sanksi dari otoritas bursa. Guna menolong menjauhi denda itu, industri dapat memakai aplikasi laporan keuangan.


Laporan keuangan berisi informasi tiap kegiatan keuangan industri dalam satu periode. Antara satu informasi serta informasi lain kerap berkaitan. Kala terdapat satu informasi yang galat, informasi lain dapat ikut galat sehingga akuntan yang bertanggung jawab mengurus informasi itu mesti menyusunkan kembali pencatatan kegiatan keuangan ke balik guna menciptakan bagian mana yang salah serta setelah itu membetulkannya. Bila menggunakan aplikasi laporan keuangan, pelacakan kesalahan itu hendak lebih gampang serta apalagi kesalahan dapat dicegah semenjak dini.


Guna Aplikasi Laporan Keuangan


Di masa teknologi data semacam dikala ini, nyaris seluruh perihal bisa dicoba dengan dorongan aplikasi ataupun aplikasi. Dalam konteks pelaporan keuangan, aplikasi bisa menolong sediakan data menimpa keadaan finansial industri dengan teknologi otomatisasi yang berarti untuk efisiensi bisnis. Berikut ini sebagian contoh guna aplikasi laporan keuangan:


  • Manajemen invoice
  • Manajemen inventaris
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen pendapatan
  • Kalkulasi pajak
  • Pemantauan penjualan
  • Pelacakan pengeluaran
  • Pemantauan arus kas
  • Rekonsiliasi bank
  • Manajemen penggajian


Terpaut dengan fungsi- fungsi tersebut, aplikasi laporan keuangan umumnya sediakan fitur- fitur berikut ini untuk penggunanya:


Tugas akuntansi: aplikasi laporan keuangan paling utama digunakan buat menanggulangi tugas akuntansi dalam entitas usaha sehingga tidak butuh mengerjakannya secara manual


Akses multi- pengguna: dengan aplikasi, penataan laporan keuangan dapat dicoba secara berkesinambungan sebab terdapat akses multi- pengguna yang membuat pekerjaan dapat dicoba secara berbarengan sehingga tidak terjalin silih menunggu ataupun penundaan pekerjaan.


Persiapan pajak: penghitungan sampai pelaporan pajak dapat dicoba secara otomatis bersumber pada informasi keuangan yang disusun memakai aplikasi.


Otomatisasi: beberapa pekerjaan kesekian dapat dicoba secara otomatis dengan aplikasi ini, semacam penagihan, pembayaran, serta pemberitahuan melalui jatuh tempo.


Kelebihan Aplikasi Laporan Keuangan


Aplikasi laporan keuangan menawarkan sederet kelebihan yang tidak dapat diperoleh dari cara- cara manual. Kian maju industri, informasi transaksi yang dipunyai cenderung kian besar sehingga metode pelaporan keuangan manual hendak kian kehabisan relevansinya. Berikut ini beberapa kelebihan aplikasi laporan keuangan:


Meminimalkan kekeliruan manusia


Human error lebih rentan terjalin dalam penataan laporan keuangan secara manual. Terlebih apabila informasi yang dikelola sangat banyak, sedangkan waktu serta sumber energi yang ada amat terbatas. Teknologi yang dibenamkan dalam aplikasi laporan keuangan bisa meminimalkan kekeliruan itu dalam suasana yang sama.


Pekerjaan lebih efisien


Owner usaha pasti mengharapkan seluruh pekerjaan bisa dituntaskan pas tanpa menghabiskan waktu, tenaga, serta bayaran yang tidak butuh. Efisiensi itu bisa diraih apabila mengenakan fitur lunak dalam penataan laporan keuangan sebab terdapatnya sistem otomatisasi. Misalnya, tidak butuh kalkulator, penghitungan bayaran lumayan dicoba dengan memasukkan informasi sebab hasilnya dapat otomatis timbul.


Informasi dapat diakses secara real- time


Aplikasi laporan keuangan biasanya memakai sistem penyimpanan berbasis awan( cloud) sehingga seluruh informasi dapat diakses siapa juga serta kapan juga secara real- time. Maksudnya, pengerjaan laporan keuangan bisa dicoba secara simultan oleh sebagian orang sekalian. Pekerjaan pula bisa dipantau secara langsung sehingga kala mengalami kesalahan dapat lekas diperbaiki saat sebelum menjalar ke tahap- tahap lain.


Pengelolaan keuangan lebih akuntabel


Pengelolaan keuangan yang akuntabel memerlukan kecermatan serta ketertiban tingkatan besar yang pada manusia dapat melorot sebab bermacam aspek. Sebaliknya mesin yang semenjak dini dirancang buat teliti serta disiplin semacam aplikasi keuangan hendak lebih tidak berubah- ubah kala dijalankan buat mengelola keuangan sehingga akuntabilitasnya secara universal dapat lebih dipertanggungjawabkan.


Identitas Aplikasi Laporan Keuangan yang Baik


Terdapat begitu banyak opsi aplikasi laporan keuangan dikala ini sehingga bisa jadi susah untuk pengusaha buat memilah salah satunya. Perihal awal yang hendaknya dicoba merupakan menguasai dahulu kebutuhan usaha yang khusus supaya memperoleh aplikasi keuangan yang cocok. Tidak hanya itu, secara universal aplikasi keuangan yang baik mempunyai identitas berikut ini:


Sediakan bermacam- macam template format


Dalam laporan keuangan, terdapat banyak opsi format yang dapat digunakan buat masing- masing komponennya, dari neraca sampai laporan laba rugi. Aplikasi laporan keuangan yang baik mesti sediakan bermacam- macam template format itu dengan fleksibilitas buat memodifikasinya cocok dengan kebutuhan bisnis.


Resep yang familiar


Laporan keuangan terbilang susah terbuat sebab kalender akuntansi yang bermacam- macam, bagan akun yang lingkungan ataupun berganti, serta rasio dan perhitungan spesial yang dibutuhkan buat mengukur kinerja. Rumus serta rasio ini umumnya terbuat di Excel, yang telah sering di dengar untuk mayoritas akuntan. Apabila aplikasi keuangan mengadopsi resep Excel ke dalam programnya, akuntan yang mengerjakan laporan keuangan hendak lebih terbantu.


Keahlian konsolidasi komplet


Fitur lunak laporan keuangan menawarkan keahlian konsolidasi informasi lintas akun serta kementerian. Tetapi terdapat sebagian fitur konsolidasi yang dapat memenuhi keahlian itu, semacam penyatuan informasi transaksi entitas anak usaha ke induk usaha, konversi mata duit, serta keahlian memasukkan dan melacak penyesuaian bonus bila dibutuhkan.


Terintegrasi dengan perencanaan sumber energi perusahaan


Aplikasi keuangan yang baik merupakan yang terintegrasi dengan perencanaan sumber energi industri( enterprise resource planning/ ERP). Dengan begitu, informasi laporan keuangan dapat diakses buat keperluan lain dengan gampang. Beberapa platform manajemen pengeluaran saat ini pula mempunyai keahlian integrasi dengan aplikasi akuntansi buat membuat pelaporan keuangan lebih gampang. Salah satunya merupakan Spenmo yang mempunyai corporate card berupa virtual serta raga yang bisa memudahkan pengusaha memantau pengeluaran masing- masing karyawan serta mencernanya buat penataan laporan keuangan.


Berbasis cloud


Bila aplikasi laporan keuangan berbasis cloud, seluruh anggota regu akuntan serta manajemen dapat mengakses informasi dari mana juga serta kapan juga. Aplikasi berbasis cloud pula tidak membutuhkan upgrade maupun pembaharuan manual sebab prosesnya dapat dicoba secara otomatis sehingga bila terdapat fitur baru dapat bisa lekas digunakan serta apabila terdapat bug dapat secepatnya diatasi.


Bayaran transparan


Aplikasi laporan keuangan muncul dengan bayaran bermacam- macam cocok dengan fitur yang disediakan. Bayaran ini mesti dipaparkan secara gamblang serta transparan semenjak dini supaya penggunanya tidak kaget kala wajib membayar sekian buat mendapatkan fitur yang diperlukan.


Seperti itu penjelasan pendek menimpa aplikasi laporan keuangan yang bermanfaat untuk industri buat membuat laporan keuangan secara lebih efektif. Untuk UMKM yang baru tumbuh dengan informasi transaksi yang masih terbatas serta belum mempunyai akuntan, pemakaian aplikasi semacam ini biasanya lebih cocok dengan kebutuhan serta keadaan finansial, paling utama apabila dibanding dengan ongkos menyewa akuntan spesial buat menyusun laporan keuangan. 

LihatTutupKomentar